Welcome Welkom مرحبا بكم Բարի գալուստ Добре дошли स्वागत benvenuti 歓迎 willkommen 환영 grata Bem-vindo Bienvenue Bine ai venit Добро пожаловать bienvenida ยินดีต้อนรับ chào mừng καλωσόρισμα

June 11, 2011

Roadshow Indonesia MUN 2011

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara panitia IMUN 2011 dengan BPH Hima HI Unpad. BPH Hima HI Unpad diminta memfasilitasi kegiatan penyuluhan kegiatan IMUN 2011 yang akan dilaksanakan oleh FISIP UI. Melihat pentingnya dan ketertarikan teman-teman di Unpad khususnya di Hubungan Internasional soal MUN sehingga BPH Hima HI menerima ajakan kerjasama ini.

            Roadshow dimulai dari tanggal 8 Juni 2011 yang ditandai dengan adanya stand IMUN 2011 di selasar FISIP Unpad. Stand ini diisi oleh panitia dari FISIP UI sendiri yang memberikan informasi seputar kegiatan, cara pendaftaran, dan dibarengi dengan pembagian brosur serta penempelan poster di areal FISIP Unpad. Kemudian di tanggal 9 Juni 2011, bertempat di Gedung D FISIP Unpad, panitia mengadakan kegiatan presentasi acara mereka. Presentasi ini dibawakan oleh Nico Deralima Novito, salah satu director acara IMUN 2011.
Pada presentasi tersebut dijelaskan tentang latar belakang diadakannya kegiatan IMUN tahun 2010. Salah satu alasannya adalah tingkat minat mahasiswa Indonesia dalam mengikuti MUN di berbagai tempat, seperti TEIMUN, NTUMUN, dan sebagainya. Untuk itu FISIP UI mencoba mewadahi dan menjadi pencetus ide MUN yang lebih hemat biaya dan dilakukan di negara sendiri. Maka, diadakanlah IMUN pertama kali pada tahun 2010 yang menyedot hampir 100 peserta dari seluruh Indonesia.
Nico juga menjelaskan keuntungan-keuntungan mengikuti IMUN, diantaranya semakin melek akan isu internasional, serta bisa menjadi sarana pembelajaran yang menyenangkan terkait bagaimana sidang di PBB. Enrichment (and fun) ! Inilah slogan mereka dalam menjelaskan keuntungan dari mengikuti acara ini. IMUN 2011 sendiri dilaksanakan pada tanggal 3-5 Oktober 2011 di Kampus FISIP UI. Selain itu dalam presentasi ini juga dijelaskan council apa saja yang bisa diikuti oleh peserta, mulai dari GA-SOCHUM, WTO (World Trade Organization), UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization), ASEAN Regional Forum, dan Security Council. Disampaikan juga informasi time table acara mulai dari pendaftaran sampai pelaksanaan. 




 
IMUN 2011 sendiri akan mengadakan workshop pada tanggal 15 Juni 2011 di kampus UI, Depok. Pada penjelasannya disebutkan bahwa IMUN tidak hanya ditujukan untuk anak-anak HI saja, tapi terbuka untuk semua jurusan. Seperti ia mencontohkan mahasiswa Kedokteran UI yang juga ikut berminat mengikuti MUN, karena dengan mengikuti kegiatan semacam ini mereka mendapatkan perkembangan isu internasional terkait ilmu yang mereka pelajari sekarang. Hal ini juga terlihat dari peserta presentasi di FISIP (9/11) yang tidak semuanya dari HI Unpad saja, tapi kita juga kedatangan tamu rekan-rekan dari Sastra Inggris.
 a
 Kehadiran rekan-rekan kita dari Universiatas Indonesia ini mudah-mudahan dapat dijadikan tambahan pelajaran bagi kita. Semisalnya dalam mengadakan acara-acara yang berskala nasional, meskipun sumber daya mereka lebih sedikit tapi semangat dan niat untuk menunjukkan eksistensinya patut diapresiasi. Terbukti nama besar The Yellow Jackets masih diperhitungkan di seluruh Indonesia. Semoga kedepannya Si Biru Unpad juga dapat berbicara banyak di kancah nasional dan internasional.


Untuk info lebih lanjut seputar IMUN 2011, kalian bisa melihat di http://www.indonesiamun.org/ atau bertanya kepada panitia di 085669682758 (Febry)


Courtesy: Adityo Soedagoeng

No comments:

Post a Comment