Welcome Welkom مرحبا بكم Բարի գալուստ Добре дошли स्वागत benvenuti 歓迎 willkommen 환영 grata Bem-vindo Bienvenue Bine ai venit Добро пожаловать bienvenida ยินดีต้อนรับ chào mừng καλωσόρισμα

July 14, 2011

Books and Coffee

Books and Coffee

Departemen Kajian
Badan Pengurus Harian Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional
Universitas Padjadjaran

Latar Belakang
Mahasiswa sekarang telah kehilangan tujuan, berbagai distorsi yang hadir dari berbagai hal di tengah masyarakat, dimulai dari kisruh politik tiada henti di lembar pertama surat kabar hingga budaya film horror berbau porno yang terus kita caci maki tanpa memberikan suatu jalan keluar padanya. Semuanya hanyalah retorika.
Bahkan iming-iming euphoria revolusi mahasiswa tahun 98 saat menggulingkan Soeharto pun tak cukup untuk menggerakkan mesin yang telah ausini .Mesin dengan teknologi tercanggih bertenaga lebih dari ribuan kuda ini telah kehilanganmaknanya, tertunduklesu di pojokan ruang sempit berwarna hitam dengan pantulan sinar LED TV yang menyilaukan di dalamnya. Ya, mahasiswa sekarang telah dimanjakan oleh keadaan tanpa tekanan, tanpa repressi terhadap setiap kegiatan yang bersifat subversif, ya, mahasiswa sekarang telah nyaman dengan keterbukaan dan kenyamanan yang dihadirkan di era informatika demokratis ini. Namun akan selalu ada kata namun di dalam setiap hal dunia ini.

WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
Tujuan mahasiswa tersebut sebenarnya tidaklah hilang secara mutlak, itu semua bisa kembali, asalkan kita sadar diri, terhadap apa yang telah disematkan menjadi gelar pada diri kita. Bila kita lihat dari pembagian dalam tiap suku katanya maka mahasiswa terdiri dua suku kata yaitu maha dan siswa. Maha berarti besar, agung dst, dan siswa atau student secara sederhana berarti pelaku studi. Dan kita adalah pelaku studi yang ‘agung’ itu. Namun, sudahkah kita menjalankan tujuan kita berdasarkan pendefinisian sederhana terhadap nama kita sendiri ini?
We’ve got to back on track, inilah tujuan utama dari departemen kajian HIMA HI. Mengembalikan kejalur yang sebenarnya mengenai apa tujuan mahasiswa itu, sederhana, yaitu belajar. Sehingga efek lebih lanjut lagi diharapkan bisa muncul inovasi dan jalan keluar di tengah-tengah masyarakat yang telah jenuh menunggu sang presiden yang hanya bisa berkata prihatin.
Belajar?Sounds so cheesy tapi memang inilah substansi dari seorang mahasiswa itu sendiri. Belajar darimana?Another cheesy question bagisetiap orang yang ignorant, apalagi bila kita menjawab buku, apa? Buku?! In this 2.0 era? Jangan pernah sekali-kali mengabaikan hal yang satu ini, bila kita ambil peribahasa dari sampul buku coklat pada saat zaman kita masih di sekolah dasar, yaitu: “buku adalah jendela dunia”. Resapi, benarkah apa yang telah dikatakannya? Yaitu benar.
          Kegiatan ini akan dilaksanakan secara regular di tiap minggu ketiga setiap bulannya. Namun perludi ketahui kegiatan pertama Books And Coffee akan dilaksanakan pada:
1.      Tanggal    : 18 Juli 2011
2.      Tempat     : Universitas Padjadjaran, Jatinangor

 

DESKRIPSI KEGIATAN

Books and coffee merupakan suatua cara dari divisi kajian yang berusaha mengisi kekosongan dalam perlanjutan budaya membaca di lingkungan FISIP UNPAD dan lebih segmented lagi dalam lingkungan HI UNPAD. Acara ini adalah suatu bentuk gathering dengan bentuk diskusi yang mengangkat pembicara yang kompeten tak lupa juga ditengahi oleh moderator yang ada, semua rangkai anacara ditujukan bukan hanya bagi pecinta buku namun juga semua orang yang tertarik pada suatu tema yang diangkat di setiap gathering yang diadakan, pada contohnya bila buku yang diangkat merupakan buku FEMINISM: A COMPLETE HISTORY maka diharapkan peserta yang hadir bukanlah seorang feminist ulen namun diharapkan semua orang yang menaruh atensi pada perihal feminism seperti punk girl, atau malah kaum transgender yang hadir. Adapun dalam hal ini media yang digunakan adalah buku mengingat divisi yang kami bawa adalah divisi kajian, yang tentu saja membudayakan membaca buku sebagai keharusan, selain itu kopi yang menjadi teman buku merupakan tanda dari keluwesan yang seharusnya dipunyai setiap orang dalam menyikapi setiap hal yang bersifat serius.

MAKSUD
·         Umum
Mengembalikan mahasiswa ketujuan sebenarnya yaitu untuk belajar dan dalam hal  
ini dengan menggunakan media buku.
·         Khusus
·   Peningkatan budaya membaca di tengah-tengah mahasiswa
·   Peningkatan kegiatan diskusi mengenai berbagai hal yang menarik atensi yang mana dalam buku tersebut.
Program Pelaksanaan
            Dalam kegiatan ini, kami melakukan diskusi buku ditemani oleh hidangan kopi.
Fasilitator
     Fasilitator dalam kegiatan ini adalah tim Research Department BPH HIMA HI UNPAD.

Harapan
          Dengan adanya kegiatan Books And Coffee ini diharapkan mahasiswa kembali kefitrahnya sebagai mahasiswa yang memang haruslah terus menimba ilmu, lebih segmented lagi dalam hal ini menimba ilmu dari buku apapun itu jenis bukunya, tidak melulu dari text book perkuliahan yang setebal 10cm itu, namun ilmu itu bisa didapat bahkan dari buku teenlit sekalipun.

Contact Person
Dwiki Chandra Wibowo (085659191808)
Mayang P. Bastian (085659235913)

No comments:

Post a Comment